Jual Panel Lantai Harga Murah

Bagaimana Cara Pemasangan Panel Lantai?


cara memasang panel lantai

Panel Lantai banyak digunakan akan tetapi banyak juga kendala karena tukang tidak mengerti cara pemasangannya. Jika dilihat sepintas mungkin prosesnya sederhana namun sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengerjaannya. Berikut adalah tutorial lengkap cara pemasangan panel lantai. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pemasangan panel lantai. Diantaranya sebagi berikut :

  • Pada saat pembuatan balokan untuk tumpuan panel lantai, rencana struktur sebaiknya sudah harus ada pada saat pembuatan denah lantai pertama.
  • Perencanaan ruangan diatas panel lantai harus di sinkronkan dengan ruangan-ruangan dalam lantai satu, begitu pula sebaliknya.
  • Ukuran balok harus sesuai dengan standard agar kuat untuk menopang panel lantai.
  • Pastikan surveyor sudah mengukur luasan dengan benar agar tidak salah dalam menentukan ukuran panel lantai

Dalam pemasangan panel lantai membutuhkan bahan dan alat yang nantinya dapat membantu untuk mempercepat dan memasang panel dengan baik.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Panel Lantai
  2. Besi beton
  3. Semen Grouting

Alat yang dibutuhkan :

  1. Meteran
  2. Linggis
  3. Gerinda
  4. Pipa besi
  5. Hoist
  6. Kayu untuk menggantung hoist

Langkah pemasangan panel lantai

Lakukan survei terakhir sebelum pemasangan panel lantai dilakukan agar ukuran panel lantai yang akan dipsang benar-benar sesuai dengan balok.

  1. Siapkan material pendukung untuk pemasangan panel lantai seperti besi pengikat, semen grouting, dan kawat pengikat untuk menyambung besi atau bisa menggunakan las.
  2. Panel lantai dinaikkan ke atas bangunan menggunakan hoist secara perlahan, biasanya diperlukan 2 orang untuk pengerjaannya. 1 orang berada di atas untuk mengontrol hoist melalui tombol remot  dan 1 orang dibawah untuk mengawasi panel lantai saat dinaikkan agar tidak terbentur.
  3. Selanjutnya, panel lantai ditempatkan diatas pipa besi agar memudahkan menuju balok yang disediakan. Diperlukan 2 orang untuk mendorong panel lantai dan 1 orang untuk memindahkan pipa besi.
  4. Pada saat meletakkan panel pada balok harus secara perlahan agar panel dapat terpasang dengan baik. Untuk mengungkit dan meletakkan panel secara perlahan agar tidak pecah ataupun cuil dibutuhkan alat bantu berupa linggis.
  5. Panel lantai sudah siap dipasang keramik diatasnya. Namun perlu diberi beberapa finishing sebelumnya seperti dirabat dan diwaterproofing agar permukaan menjadi lebih rata dan tahan terhadap air.
  6. Selanjutnya pengaplikasian semen grouting ke seluruh celah panel untuk menutup celah yang ada pada sambungan.
  7. Sambungan antar besi diikat menggunakan kawat agar sambungan tidak lepas. Ikatan dilakukan di setiap ujung sambungan besi.
  8. Setelah panel terpasang semua kemudian diberi besi pengikat pada celah antar panel bertujuan untuk membuat panel menjadi lebih kuat dan kokoh.
  9. Ulangi langkah yang sama hingga seluruh panel lantai terpasang dengan baik dan rapi.
  10. Apabila ada ukuran panel yang tidak sesuai dengan balok maka akan dilakukan pengukuran ulang kemudian dipotong menggunakan gerinda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *